Undang undang terkait revolusi industri

Kebijakan untuk mengatasi persoalan yang dialami oleh buruh di perkotaan pada masa Revolusi Industri di Inggris adalah dikeluarkannya… .

A. abolition bill

B. factory act

C. reform bill

D. poor law

E. corn law

Pembahasan:

Dampak negatif Revolusi Industri mendorong lahirnya Revolusi Sosial. Kemudian pemerintah Inggris mengambil berbagai kebijakan antara lain:

  • Catholic Emancipation Bill (1829), berisi ketentuan bahwa kaum Protestan dan Katolik mempunyai hak yang sama untuk menjadi anggota parlemen dan pegawai negeri.
  • Reform Bill (1832), berisi ketentuan bahwa perwakilan di parlemen sesuai dengan jumlah penduduk, hak pilih ditentukan berdasar atas pembayaran pajak, serta daerah kosong harus dihapuskan perwakilannya.
  • Abolition Bill (1833), berisi ketentuan penghapusan perbudakan di Inggris dan koloninya.
  • Factory Act (1833), berisi ketentuan bahwa anak-anak yang berumur di bawah sembilan tahun tidak boleh bekerja sebagai buruh perusahaan, mereka hanya boleh bekerja selama sembilan jam dan mendapat pendidikan selama dua jam dari majikan.
  • Poor Law (1834), berisi ketentuan tentang pendirian rumah kerja bagi pengemis dan penganggur, rumah perawatan bagi orang cacat, dan pemberian bantuan bagi mereka yang tidak bekerja karena lanjut usia.
  • Corn Law (1815 – 1846), berisi ketentuan tentang larangan impor gandum dari luar negeri.

Kunci jawaban:

Kebijakan untuk mengatasi persoalan yang dialami oleh buruh di perkotaan pada masa Revolusi Industri di Inggris adalah dikeluarkannya… B. factory act

SEMOGA BERMANFAAT