Upaya Belanda Menguasai Kembali Indonesia

Perhatikan pernyataan berikut

  1. Membentuk negara boneka
  2. Menggaji para pegawai pemerintah
  3. Menanamkan nilai nilai federaslisme
  4. Melaksanakan agresi militer dan penguasaan
  5. Menentang bentuk negara federal

Dari pernyataan tersebut yang merupakan usaha Belanda untuk dapat menguasai kembali wilayah Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan ditunjukkan oleh nomor… .

a. 1,2 dan 3

b. 1,3 dan 4

c. 2,3 dan 4

d. 2,4 dan 5

e. 3,4 dan 5

Pembahasan:

Selepas proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945, Belanda berupaya kembali lagi menguasai Indonesia. Pada saat itu Belanda dalam wadah yang bernama NICA kembali di Indonesia bersama pasukan Sekutu yang bertugas di Indonesia yaitu AFNEI. Kedatangan AFNEI awalnya mendapatkan sambutan yang positif dari perjuang Indonesia, akan tetapi sikap tersebut berubah setelah adanya NICA yang tidak mengakui kemerdekaan Indonesia dan berupaya kembali untuk menguasai Indonesia.

baca : Tujuan Kedatangan AFNEI di Indonesia

Upaya tersebut nampak pada beberapa upaya Belanda untuk menguasai Indonesia antara lain:

Belanda melakukan blokade laut yang menurut Belanda berupaya untuk masuknya intervensi asing ke Indonesia dan juga untuk mengamankan produk Belanda yang ada di Indonesia. Akan tetapi tujuan sebenarnya dari Belanda adalah untuk mematikan Indonesia dari segi ekonomi. Dengan adanya Blokade laut membuat barang barang Indonesia tidak bisa diekspor keluar negeri.

Upaya lain dari Belanda nampak dengan adanya agresi militer Belanda. Tepatnya pada tanggal 21 Juli 1947 dengan mengadakan Agresi Militer Belanda I dan pada tanggal 19 Desember 1948 dengan mengadakan Agresi Militer Belanda II.

baca : Agresi Militer Belanda I dan Agresi Militer Belanda II

Van Mook yakni pemimpin dari NICA berhasrat untuk mendirikan negara negara boneka Belanda di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memecah belah Indonesia. Keinginan dari Van Mook tersebut kemudian diwujudkan dalam Konferensi Malino (15 Juli – 25 Juli 1946)  dengan tujuan melakukan pembahasan untuk pembentukan negara negara yang akan berbentuk federasi. Dilanjutkan dengan Konferensi Pangkal Pinang (1-12 Oktober 1946) yang mendegarkan pendapat dari kelompok minoritas terhadap pembentukan negara federasi. Setelah itu kemudian dibentuk Konferensi Denpasar (7-24 Desember 1946) yang menghasilkan pembentukan Negara Indonesia Timur.

Kunci jawaban dari pertanyaan:

Dari pernyataan tersebut yang merupakan usaha Belanda untuk dapat menguasai kembali wilayah Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan ditunjukkan oleh nomor… . b. 1,3 dan 4

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *