Dewa-Dewi Yunani Kuno

peta-yunani-kunoYunani Kuno merupakan salah satu peradaban dunia awal yang terletak di benua Eropa. Kebudayaan Yunani berawal dari kebudayaan yan berasal dari Pulau Kreta. Peradaban Yunani tidak seperti pada peradaban dunia lainnya, secara geografis Yunani merupakan daerah yang memiliki tanah kering dengan banyak jurang, gunung-gunung terjal dan pantai yang curam. Berberda dengan kebudayaan kuno lainnya yang terletak di daerah pinggiran sungai yang subur.

Masyarakat Yunani Kuno memiliki kepercayaan dengan menyembah banyak dewa (Politheisme). Yunani Kuno mengenal berbagai dewa, antara lain:

  1. Zeus yaitu Raja para dewa, penguasa Olimpus dan dewa langit, cuaca, petir, hukum dan takdir. Dia adalah anak termuda dari Kronos dan Rhea, yang dia kalahkan. Dia adalah adik dan suami Hera. Dalam seni dia digambarkan sebagai pria dewasa berjenggot dan berbadan kuat. Simbolnya adalah petir, tongkat kerjaan dan burung elang.
  2. Hades yaitu Raja dunia bawah dan dewa kematian, orang mati, dan harta dalam bumi. Istrinya adalah Persefon dan simbolnya adalah kunci Hades, helm kegelapan, dan Kerberos. Walaupun merupakan putra Kronos dan Rhea dan kakak Zeus, dia jarang dimasukkan dalam kelompok dewa Olimpus.
  3. Poseidon atau Dewa laut, sungai, banjir, kekeringan, gempa bumi, dan kuda; dikenal sebagi “Pengguncang Bumi” atau “Pembawa Badai'”. Dia adalah anak Kronos dan Rhea dan kakak Zeus dan Hades. Dalam seni klasik, dia digambarkan sebagai pria dewasa berjenggot dengan badan kuat dan memegang trisula. Simbolnya adalah trisula, lumba-lumba dan kuda.
  4. Hera yaitu Ratu para dewa dan merupakan dewi pernikahan, wanita, kelahiran, pewaris, raja dan kerajaan. Dia adalah anak Kronos dan Rhea dan kakak perempuan Zeus. Dia biasanya digambarkan sebagai wanita cantik memakai mahkota dan memegang tongkat berujung lotus. Simbolnya adalah mahkota, tongkat lotus, merak, kakatua, burung kukuk and buah delima.
  5. Afrodit yaitu Dewi cinta, nafsu, kecantikan, bujukan, dan kesenangan. Dia digambarkan sebagai wanita cantik yang biasanya ditemani oleh anaknya, Eros. Lambangnya adalah burung dara, apel, kulit kerang dan rangkaian murad.
  6. Apollo yaitu Dewa musik, penyembuhan, wabah, ramalan, puisi, dan panahan; diasosiasikan dengan cahaya, kebenaran, dan matahari. Dia adalah saudara laki-laki Artemis, dan putra Zeus dan Leto. Dia digambarkan sebagai pemuda tampan dengan rambut panjang dan membawa banyak benda termasuk rangkaian laurel, busur panah, gagak, dan lira.
  7. Ares yaitu Dewa perang, nafsu haus darah, kekejaman, kejantanan. Merupakan putra Zeus dan Hera, dia digambarkan sebagai orang dewasa memakai baju perang, atau pria telanjang dengan helm dan tomba. Perlengkapannya antara lain baju perang emas dan tombak berujung perunggu, hewan keramatnya adalah burung hantu, burung hering dan ular berbisa.
  8. Athena yaitu Dewi kebijaksanaan, perang, strategi, usaha, kerajinan tangan, dan akal pikiran. Merupakan anak Zeus dan Metis, dia dilahirkan dari kepala Zeus sebagai wanita dewasa dengan pakaian perang. Dia digambarkan memakai helam bersabit, membawa tombak dan perisai aegis. Simbolnya adalah aegis, burung hantu dan pohon zaitun. Dia adalah dewi perawan.
  9. Hermes yaitu Dewa perjalanan, pembawa pesan, perdagangan, pencurian, tipuan, bahasa, tulisan, dipolomasi, atletik dan peternakan. Dia adalah pembawa pesan para dewa, pemandu roh orang mati menuju dunia bawah. Dia digambarkan sebagai pemuda tampan dan atletis

Gmabar beberapa dewa Yunani Kuno

Dewa Zeus

Dewa Zeus

poseidon

Dewa Laut : Poseidon

Dewa Hades

Dewa Kematian : Hades

Dewa Perang : Apollo

Dewa Perang : Apollo

athena

Dewi Kebijaksanaan : Athena

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *