Lahirnya Gerakan Non Blok

Lahirnya Gerakan Non Blok dapat dikatakan sebagai kelanjutan dari… .

A. Organisasi Konferensi Islam

B. Konferensi Asia Afrika

C. Masyarakat Ekonomi Eropa

D. Perserikatan Bangsa-Bangsa

Pembahasan soal

Gerakan Non Blok

GNBOrganisasi yang didirikan pada tanggal 1 September 1961 ini menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi I (KTT I) di Beograd, Yugoslavia tanggal 1–6 September 1961. Berdirinya Gerakan Non Blok merupakan kelanjutan dari Konferensi Asia Afrika. Hasil KAA ternyata dijadikan landasan bagi tokoh-tokoh politik dari belahan dunia Asia dan Afrika untuk membentuk ikatan sendiri. Ikatan antarnegara yang hendak mereka bentuk itu terlepas dari pengaruh ketegangan antara Blok Barat dan Timur. Dari sinilah kita bisa merunut lahirnya Gerakan Non-Blok (Non-Aligned Movements). Tercatat sebagai pendiri gerakan ini antara lain Ir. Soekarno (Indonesia), Joseph Bros Tito (Yugoslavia), Gamal Abdul Nasser (Mesir), Pandit Jawaharlal Nehru (India), dan Kwame Nkrumah (Ghana).

Baca Juga:
Sejarah pembentukan Gerakan Non Blok

Jadi:

Lahirnya Gerakan Non Blok dapat dikatakan sebagai kelanjutan dari … B. Konferensi Asia Afrika

  • Organisasi Konferensi Islam atau OKI muncul akibat adanya pembakaran masjidil Aqsa oleh Israel. (baca juga Sejarah pembentukan OKI)
  • Konferensi Asia Afrika (KAA) dilaksanakan di Bandung tanggal konferensi asia afrika18–24 April 1955. Diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika memberikan arti penting bagi negara-negara Asia Afrika, bahkan dunia yaitu sebagai berikut. (1) Merupakan perwujudan rasa solidaritas dan kebangkitan bangsa-bangsa Asia Afrika. (2) Merupakan pendorong bagi negara-negara Asia Afrika yang belum merdeka agar mencapai kemerdekaannya. (3) Merupakan penengah antara dua blok yaitu Blok Barat dan Blok Timur. (3) Mengilhami berdirinya Gerakan Non Blok. (Baca juga Sejarah pembentukan GNB)
  • MEEMasyarakat Ekonomi Eropa atau European Economic Community(EEC) dahulunya dibentuk sebagai pasar bersama untuk batu bara serta baja antara Jerman dan Prancis. Selanjutnya, pada tahun 1957 dengan Perjanjian Roma dijadikan kerja sama regional di bidang ekonomi dan moneter. Tujuan organisasi ini untuk menyusun politik perdagangan bersama dan mendirikan daerah perdagangan bebas antarnegara-negara Eropa Barat. Negara-negara yang tergabung dalam MEE antara lain Belanda, Belgia, Denmark, Inggris, Irlandia, Jerman, Luksemburg, Prancis, Yunani, Polandia, Austria, Slovenia, Spanyol, Protugal, dan Italia. (Baca juga Organisasi Global dan Regioal)
  • pembentukan PBBPerserikatan Bangsa – Bangsa (PBB). Pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa dilakukan setelah berakhinya Perang Dunia II. Pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa berkaitan pula dengan Atlantic Charter (14 Agustus 1941) yang disusun oleh Presiden Roosevelt, presiden Amerika Serikat bersama Perdana Menteri Inggris Winston Churchil. Piagam ini berisi tentang rencana pembentukan tatanan dunia baru yang demokratis setelah Perang Dunia II selesai. Rumusan singkatnya menentukan nasib sendiri diantara bangsa-bangsa di dunia. Hasil dari Atlantic Charter semakin diperkuat dengan Declaration of the United Nation (1 Januari 1942). Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945. Baca juga: Sejarah pembentukan PBB

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *