Lembaga khusus membuat dasar negara

Karena pada saat sidang BPUPKI I berakhir belum mancapai kesepatakan terhadap Pancasila sebagai dasar negara maka dalam upaya menyelesaikan rumusan dasar negara serta tujuan dan asas negara kemudian dibentuk lembaga yang dikenal dengan… .

A. PPKI

B. Chuo Sangi in

C. Panitia Sembilan

D. Komisi Penyempurnaan Bahasa

E. Panitia Hukum Dasar

Pembahasan:

Sidang BPUPKI I tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 membahas masalah utama yakni dasar negara RI. Terdapat tiga tokoh yang mengemukakan dasar negara yakni:

  1. Moh Yamin tanggal 29 Mei 1945
  2. Soepomo tanggal 31 Mei 1945
  3. Soekarno tanggal 1 Juni 1945

Hasil sidang pertama kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan panitia khusus yang membahas mengenai dasar negara, yakni PANITIA SEMBILAN. Adapun anggota dari Panitia Sembilan yaitu:

Seokarno
Moh Hatta
Moh Yamin
Agus Salim
Ahmad Soebardjo
Wahid Hasyim
Abikusno Cokrosuyoso
Abdul Kahar Muzakir
A.A Maramis

Hasil dari Panitia Sembilan disebut dengan Piagam Jakarta atau Jakarta Charter. Piagam Jakarta terdiri dari perumusan dasar negara dan pembukaan UUD 1945. Dasar negara yang dirumuskan dalam Piagam Jakarta seperti Pancasila saat ini, kecuali sila pertama. Naskah Piagam Jakarta ditandatangani pada tanggal 22 Juni 1945.

Isi Dasar negara menurut Piagam Jakarta:

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk pemeluknya
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pada saat Sidang PPKI I tanggal 18 Agustus 1945, terdapat perubahan pada sila pertama. Alasan diadakannya perubahan adalah bisa memunculkan potensi disintegrasi bangsa.

Kunci jawaban:

Karena pada saat sidang BPUPKI I berakhir belum mancapai kesepatakan terhadap Pancasila sebagai dasar negara maka dalam upaya menyelesaikan rumusan dasar negara serta tujuan dan asas negara kemudian dibentuk lembaga yang dikenal dengan… . C. Panitia Sembilan