Tiga tempat di Pulau Jawa yang dikuasai Jepang

Pasukan Jepang berhasil mendarat di Jawa pada tanggal 1 Maret 1942 di tiga tempat sekaligus, yaitu… .

A. banten, Batavia, dan pekalongan

B. indramayu, eretan wetan, dan cirebon

C. tegal, kragan dan semarang

D. banten, eretan wetan dan kragan

E. tuban, Surabaya dan pasuruan

Pembahasan:

Secara berurutan Jepang mulai menguasai Hindia Belanda yang diawali dengan penaklukan Tarakan, Kalimantan Timur (11 Januari 1942), Balikpapan (24 Januari 1942), Pontianak (29 Januari 1942), Samarinda (3 Februari 1942), dan Banjarmasin (10 Februari 1942). Setelah berhasil menguasai wilayah luar Jawa.

Jepang kemudian memusatkan serangannya ke Pulau Jawa. Pada tanggal 1 Maret 1942, Jepang berhasil mendarat di tiga tempat sekaligus, yaitu di Teluk Banten, di Eretan Wetan, sebelah barat Cirebon (Jawa Barat), dan Kragan (Jawa Tengah). Setelah menguasai wilayah tersebut, Belanda pada tanggal 5 Maret 1942 mengumumkan Batavia (Jakarta) sebagai kota terbuka. Artinya, Batavia tidak akan dipertahankan oleh pihak Belanda. Serbuan tentara Jepang ke Indonesia yang demikian besar membuat tentara Belanda tidak mampu bertahan. Akhirnya, pada tanggal 8 Maret 1942 Belanda menyerah tanpa syarat terhadap Jepang di Kalijati, Subang, Jawa Barat. Sejak saat itu, Indonesia dikuasai oleh Jepang.

Perjanjian Kalijati

Kunci jawaban:

Pasukan Jepang berhasil mendarat di Jawa pada tanggal 1 Maret 1942 di tiga tempat sekaligus, yaitu… . D. banten, eretan wetan dan kragan