Benteng Portugis di Ternate

Alasan Portugis mendirikan benteng di Ternate adalah untuk membendung serangan Spanyol dan Tidore. Benteng tersebut diberi nama… .

A. benteng rotterdam

B. benteng vredeburg

C. benteng sao paolo

D. benteng ornust

E. benteng somba opu

Pembahasan:

Benteng Rotterdam/Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang merupakan benteng peninggalan dari Kerajaan Gowa Tallo di Makassar, Sulawesi Selatan. Benteng Ujung Pandang dibangun pada tahun 1545 oleh raja gowa ke-9. Pada saat VOC datang ke Makassar, benteng tersebut direbut. Oleh Cornelis Speelman namanya dirubah menjadi Fort Rotterdam.

Benteng vredeburg yang awalnya bernama Rustenburg merupakan benteng Belanda yang ada di Yogyakarta. Tujuannya adalah untuk mengawasi Kesultanan Yogyakarta.

Benteng sao paolo merupakan benteng Portugis yang berada di wilayah Kerajaan Ternate. Benteng Sao Paolo dibangun pada masa Gubernur Portugis Anonio de Brito tahun 1522. Pada saat itu, Ternate berkoalisi dengan Portugis guna menghadapi koalisi antara Tidore dengan Spanyol.

Benteng Sao paolo

Benteng ornust merupakan benteng yang dibuat oleh VOC di Pulau Onrust yang merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu.

Benteng somba opu merupakan salah satu benteng peninggalan dari Kerajaan Gowa Tallo di Makassar Sulawesi Selatan.

Kunci jawaban:

Alasan Portugis mendirikan benteng di Ternate adalah untuk membendung serangan Spanyol dan Tidore. Benteng tersebut diberi nama… . C. benteng sao paolo