Dasar Teori Masuknya Agama Hindu di Indonesia

Perhatikan argumen berikut ini

  1. Agama Hindu bukan agama yang demokratis karena urusan keagamaan menjadi monopoli golongan tertinggi dalam ajaran agama Hindu
  2. Prasasti Indonesia yang pertama berbahasa Sansekerta, sedangkan di Indonesia sendiri bahasa itu hanya digunakan dalam kitab suci dan upacara keagamaan
  3. Pada upacara Vratyastoma petinggi dalam agama Hindu yang berperan

Argumen tersebut menguatkan hipotesis masuknya agama dan budaya Hindu di Indonesia sesuai dengan teori… .

A. sudra

B. waisya

C. ksatria

D. brahmana

E. arus balik

Pembahasan

kasta-brahmanaTeori Brahmana dicetuskan oleh J.C. van Leur. Teori brahmana menyatakan bahwa masuknya kebudayaan India ke Indonesia dibawa oleh para brahmana. Berdasarkan teori ini, para brahmana India itu datang ke Indonesia atas undangan para penguasa lokal di Indonesia. Dengan demikian, kebudayaan India yang berkembang di Indonesia adalah budaya golongan brahmana.

Agama Hindu pada awalnya bukanlah agama untuk umum. Artinya, pendalaman agama tersebut hanya dapat dilakukan oleh kaum brahmana. Merekalah yang dibenarkan mendalami kitab-kitab suci. Pada praktiknya, di dalam agama Hindu lahir beberapa aliran. Adapun sekte agama Hindu yang besar pengaruhnya di Jawa dan Bali adalah SaiyaSiddharta.

Pada prinsipnya sekte Saiva-Siddharta bersifat esoteris. Untuk mencapai tingkatan brahmana guru, para brahmana biasa mengalami ujian berat dan bertahun-tahun lamanya. Ketika brahmana biasa ditasbihkan menjadi brahmana guru, ia dianggap telah mampu merubah air menjadi amerta. Brahmana demikianlah yang datang ke Indonesia atas undangan para penguasa lokal. Mereka diminta melakukan upacara khusus yang disebut Vratyastoma. Pada dasarnya kesaktian para brahmana inilah yang menyebabkan mereka didatangkan ke Indonesia. Mereka kemudian mendapat kedudukan terhormat di kalangan penguasa Indonesia dan menjadi inti golongan brahmana Indonesia yang berkembang kemudian.

Baca juga

Teori-Teori Masuknya Pengaruh Hindu di Indonesia

Jadi:

Argumen tersebut menguatkan hipotesis masuknya agama dan budaya Hindu di Indonesia sesuai dengan teori… . D. brahmana

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *