Faktor Faktor terjadinya Perang Dingin.

Perang Dingin (Cold War) atau juga sering disebut sebagai perang urat syaraf antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Perang Dingin terjadi setelah berakhirnya Perang Dunia II. Pada Perang Dunia II, antara Amerika Serikat dan Uni Soviet targabung dalam satu blok yakni Blok Sekutu. Hal ini dikarenakan dua negara ini memiliki kesamaan musuh yakni Jerman dan Italia. Perang Dingin sendiri antara kedua negara tidak terlibat perang secara langsung, malainkan kedua negara ini terlibat dalam konflik di sebuah negara.

Kemudian apa sebenarnya yang menjadi faktor  terjadinya Perang Dingin???

  1. Kedua negara merasa paling berperan dalam kemenangan blok Sekutu pada Perang Dunia II
  2. Perebutan pengaruh dan kepentingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Amerika Serikat dan sekutunya sering disebut sebagai blok barat, sedangkan blok timur untuk Uni Soviet dan negara negara sekutunya.
  3. Perbedaan ideology antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Amerika Serikat berideologi liberalis-kapitalis, sedangkan Uni Soviet menganut ideology sosialis-komunis.
  4. Adanya persekutuan pertahanan atau pakta pakta pertahanan yang mana merupakan kesepakatan apabila satu negara diserang, negara sekutunya harus membantu. Amerika Serikat membentuk pakta pertahanan antara lain NATO, SEATO, CENTO dan ANZUS. Sedangkan Uni Soviet membentuk Pakta Warsawa untuk negara negara Eropa Timur.
  5. Adanya ancaman Uni Soviet akan menyebarkan komunisme di Amerika Serikat. Hal ini nanti terbukti pada saat adanya krisis misil Kuba.

perang dinginn

Perang Dingin diawali dari berbagai peristiwa yang terjadi pada tahun 1947 antara lain adanya Program Marshall Plan dari Amerika Serikat untuk negara negara Eropa Barat dan juga Doktrin Thruman yakni bantuan ekonomi untuk Yunani dan Turki. Sebagai balasan dari adanya bantuan tersebut, Uni Soviet kemudian membentuk Molotov Plan yang kemudian berganti menjadi Comecon.

Setelah mengalami berbagai pasang surut hubungan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, pada tanggal 3 Desember 1989 diadakan Konferensi Tingkat Tinggi Malta yang isinya adalah kesepatakan untuk mengakhiri Perang Dingin.

***

Kunjungi pula blok www.solusisejarah.com yang menyajikan soal soal sejarah baik itu Soal UTBK, Soal Olimpiade, Soal USBN dan lain lain beserta kunci jawaban dan pembahasan klik DI SINI

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *