Hasil Sidang BPUPKI Pertama

Sidang BPUPKI pertama yang dilakukan pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 berfokus pada perumusan… .

a. strategi perjuangan kemerdekaan

b. dasar negara Indonesia

c. teks proklamasi kemerdekaan Indonesia

d. sistem kenegaraan Indonesia

e. visi dan misi negara Indonesia

Pembahasan:

Pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) berkaitan dengan semakin terdesaknya tentara Jepang diberbagi front pertempuran. Cara Jepang untuk mendapatkan bala bantuan perang dengan memberikan janji kemerdekaan bagi berbagai negara yang dikuasai. Salah satunya adalah terhadap Indonesia. Pada tanggal 7 Agustus 1944, Perdana Menteri Koiso memberikan janji kemerdekaan bagi Indonesia dikemudian hari nanti.

Salah satu langkahnya adalah membentuk BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Cosakai yang diketua oleh Dr Radjiman Wedyodiningrat.

Tujuan pembentukan dari BPUPKI adalah menyelidiki dan mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan oleh sebuah negara merdeka. Oleh karena itu, BPUPKI kemudian melakukan berbagai sidang.

Sidang BPUPKI I berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Dalam sidang BPUPKI pertama ini membahasa mengenai masalah dasar negara. Pada saat sidang terdapat beberapa tokoh yang mengusulkan mengenai dasar negara Indonesia. Namun dari sidang BPUPKI I, belum menemukan hasil final mengenai dasar negara Indonesia. Kemudian dibentuklah Panitia Sembilan yang khusus membahasa mengenai dasar negara.

Maka kunci jawaban dari pertanyaan:

Fokus pembahasan pada Sidang BPUPKI I adalah membahas mengenai dasar negara Indonesia dasar negara Indonesia

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *