Isi Perjanjian Saragosa

Pertentangan di antara Spanyol dan Portugis berakhir setelah ditandatangani Perjanjian Saragosa. Perjanjian ini dikarenakan kedua belah negara kembali bertemu di… .

a. Belanda

b. Inggris

c. Perancis

d. Myanmar

e. Indonesia

Pembahasan:

Dalam kiatannya perselisihan antara Spanyol dan Portugis dalam masalah penjelajahan samudera terdapat dua perjanjian yakni ketika berangkat dan ketika bertemu.

Ketika berangkat diadakan Perjanjian Tordesillas (7 Juni 1494) setelah Colombus menemukan benua Amerika.

Portugis berlayar kearah timur, sedangkan Spanyol ke arah barat. Setelah dipisah arah pelayaran, Portugis dan Spanyol bertemu di Maluku. Kemudian terjadi perselisihan kembali dikarenakan kedua negara saling tuduh mengenai pelanggaran Perjanjian Tordesillas.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kemudian diadakan Perjanjian Saragosa.

Perjanjian Saragosa ditandatangani pada tanggal 22 April 1529. Spanyol diwakili oleh raja Charles V, sedangkan Spanyol diwakili oleh raja John III. Adapun isi dari Perjanjian Saragosa adalah pembagian wilayah di luar Eropa : dari Meksiko kearah barat hingga Philipina menjadi milik Spanyol, sedangkan dari Brasil sampai Maluku menjadi milik Portugis.

ISI PERJANJIAN SARAGOSA

Kunci jawaban:

Pertentangan di antara Spanyol dan Portugis berakhir setelah ditandatangani Perjanjian Saragosa. Perjanjian ini dikarenakan kedua belah negara kembali bertemu di… .e. Maluku

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *