Jenis barang

Peristiwa bencana alam memiliki dampak pada  pola konsumsi utama di daerah pedesaan, seperti dari beras ke jagung. Dalam hal ini jagung termasuk dalam jenis barang… .

A. komplementer

B. substitusi

C. inferior

D. superior

Pembahasan:

Berdasarkan sifat hubungannya dengan barang lain, barang dapat dibedakan menjadi barang subtitusi dan barang komplementer.

  1. Barang subtitusi merupakan barang yang penggunaannya dapat saling menggantikan dengan barang lain. Contohnya, jagung dapat menggantikan beras.
  2. Barang komplementer merupakan barang yang pemanfaatannya harus diikuti dengan pemanfaatan barang lain. Contohnya, motor dapat dimanfaatkan jika menggunakan bensin dan balpoin dapat digunakan jika ada tintanya

Jadi: Peristiwa bencana alam memiliki dampak pada  pola konsumsi utama di daerah pedesaan, seperti dari beras ke jagung. Dalam hal ini jagung termasuk dalam jenis barang… . B. substitusi

  • Barang inferior yaitu barang yang jumlah permintaannya akan turun seiring dengan pendapatan masyarakat yang meningkat. Barang inferior adalah barang yang memiliki kualitas rendah. Umumnya barang inferior dikonsumsi oleh orang yang berpenghasilan rendah.
  • Barang superior adalah barang yang memiliki kualitas tinggi sehingga memberikan prestise tersendiri bagi pemiliknya. Umumnya barang superior dikonsumsi oleh orang yang berpenghasilan tinggi.
Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *