Kegagalan serangan Mataram ke Batavia 1929

Perlawanan pasukan Mataram Islam terhadap VOC pada tahun 1929 mengalami kegagalan yang disebebkan oleh faktor faktor di bawah ini, kecuali… .

A. kalah persenjataan

B. kekurangan persediaan makanan

C. datangnya musim penghujan

D. mewabahnya penyakit pes

E. meninggalnya Sultan Agung

Pembahasan:

Pada masa pemerintahan Sultan Agung, Mataram Islam melakukan serangan sebanyak 2x terhadap VOC di Batavia yakni pada tahun 1628 dan 1629. Serangan Sultan Agung ke Batavia merupakan upaya untuk menyatukan seluruh Jawa di bawah kekuasaan Mataram Islam.

Akan tetapi serangan yang dilakukan oleh Sultan Agung mengalami kegagalan. Adapun penyebab dari kegagalan serangan Sultan Agung terhadap VOC di Batavia antara lain:

  • kalah persenjataan
  • kekurangan persediaan makanan, hal ini dikarenakan VOC mengetahui lumbung lumbung beras Mataram di daerah Karawang dan Cirebon.
  • datangnya musim penghujan
  • mewabahnya penyakit malaria dan kolera

Sultan Agung meninggal dunia pada tahun 1645 yang digantikan oleh putranya yang bernama Raden Mas Sayidin bergelar Amangkurat I. Pada masa pemerintahan Amangkurat I, VOC mulai mencampuri urusan istana Kerajaan Mataram Islam.

Kunci jawaban:

Perlawanan pasukan Mataram Islam terhadap VOC pada tahun 1929 mengalami kegagalan yang disebebkan oleh faktor faktor di bawah ini, kecuali… . E. meninggalnya Sultan Agung

SEMOGA BERMANFAAT