Konsep Sejarah Sebagai Ilmu

Peristiwa detik-detik menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan sebuah peristiwa monumental bagi bangsa Indonesia untuk bangkit dari belenggu perjajahan. Dengan menggunakan studi pustaka dan wawancara dari beberapa responden, seorang penulis berhasil menerbitkan sebuah buku tentang ”Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.” Informasi tersebut dapat disimpulkan terdapat konsep sejarah sebagai ilmu karena merupakan… .

A. rekonstruksi peristiwa sejarah yang disusun secara sistematis dan menggunakan metode

B. rekonstruksi peristiwa sejarah yang dialami bangsa Indonesia untuk melawan penjajah

C. kisah masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah penulisan karya sejarah berdasar sumber

D. usaha menghidupkan kembali peristiwa masa lalu melalui penulisan buku dengan ragam bahasa

E. peristiwa masa lalu yang direkonstruksikan sesuai adat-istiadat yang berlaku di masyarakat

Pembahasan:

Sejarah sebagai ilmu memiliki pengertian gambaran tentang peristiwa peristiwa masa lampau yang dialami manusia, disusun secara ilmiah, meliputi kurun waktu tertentu, diberi tafsiran, dan dianalisis secara kritis sehingga mudah dipahami dan dimengerti.

Kuntowijoyo menjelaskan bahwa sejarah sebagai Ilmu memiliki ciri ciri yaitu:

  1. Sejarah mempunyai objek yaitu perubahan manusia dalam dimensi waktu.
  2. Sejarah itu empiris hal ini dikarenakan sejarah melakukan kajian pada peristiwa yang sungguh terjadi pada masa lampau.
  3. Sejarah mempunyai metode
  4. Sejarah mempunyai generalisasi yakni suatu simpulan yang bersifat umum atau menyeluruh terhadap suatu informasi berdasarkan fakta yang ada.

Kunci jawaban:

Peristiwa detik-detik menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan sebuah peristiwa monumental bagi bangsa Indonesia untuk bangkit dari belenggu perjajahan. Dengan menggunakan studi pustaka dan wawancara dari beberapa responden, seorang penulis berhasil menerbitkan sebuah buku tentang ”Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.” Informasi tersebut dapat disimpulkan terdapat konsep sejarah sebagai ilmu karena merupakan… .a. rekonstruksi peristiwa sejarah yang disusun secara sistematis dan menggunakan metode

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *