Negara Bekas Uni Soviet

Glasnot dan Perestroika ternyata tidak sekedar berdampak pada restrukturisasi yang lebih liberal dan demokratis, melainkan juga meruntuhkan Uni Soviet sendiri. Di bawah ini adalah beberapa nama negara bekas Uni Soviet, kecuali… .

a. Georgia

b. Ukraina

c. Armenia

d. Slovenia

e. Azerbaijan

Pembahasan:

Glasnot dan Perestroikan merupakan program perbaikan yang dilakukan oleh Mikhail Gorbachev dalam rangka memperbaiki keadaan Uni Soviet yang terus mengalami kemunduran.

Glasnot adalah keterbukaan.

Perestroika yaitu restrukturisasi dalam bidang ekonomi.

Kebijakan ini kemudian malah membuat Uni Soviet semakin mengalami kemunduran. Selain itu kemunduran Uni Soviet juga disebabkan oleh konflik antar etnis dibeberapa wilayah. Uni Soviet adalah negara yang memiliki banyak etnis yang disatukan secara paksa menjadi satu.

Uni Soviet yang didirikan Vladimir Lenin hasil dari adanya Revolusi Bolshevic (1917) yang berhasil menumbangkan pemerintahan Tsar Nicolas II akhirnya harus bubar secara resmi tanggal 26 Desember 1991. Uni Soviet yang merupakan negara wilayahnya paling luas, kemudian terpecah menjadi negara negara merdeka antara lain:

  1. Armenia
  2. Azerbaijan
  3. Belarusia
  4. Estonia
  5. Georgia
  6. Kazakhstan
  7. Kirgizstan
  8. Latvia
  9. Lithuania
  10. Moldova
  11. Rusia
  12. Tajikistan
  13. Turkmenistan
  14. Ukraina
  15. Uzbekistan

Maka jawaban atas pertanyaan:

Glasnot dan Perestroika ternyata tidak sekedar berdampak pada restrukturisasi yang lebih liberal dan demokratis, melainkan juga meruntuhkan Uni Soviet sendiri. Di bawah ini adalah beberapa nama negara bekas Uni Soviet, kecuali… . d. Slovenia

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *