Organisasi yang bersifat Kooperatif Zaman Pendudukan Jepang

Pengaruh pendudukan militer Jepang juga melahirkan sikap kooperasi dalam pergerakan kebangsaan Indonesia. Organisasi yang termasuk bersikap kooperasi adalah… .

a. Fujinkai

b. Kenpetai

c. Keimubu

d. Putera

Pembahasan:

Pada masa pendudukan Jepang, perlawanan bangsa Indonesia dikatagorikan menjadi (1) perjuangan kooperatif, (2) perjuangan gerakan bawah tanah, dan (3) perjuangan bersenjata.

Perjuangan kooperatif yang dilakukan oleh pejuang Indonesia menyikapi kebijakan pemerintah pendudukan Jepang yakni dengan cara bekerjasama dengan pemerintan pendudukan Jepang. Seperti contoh yang dilakukan oleh tokoh seperti Soekarno, Hatta, Ki Hajar Dewantara dan KH Mansyur yang tergabung dalam organisasi bentukan Jepang yakni Putera. Contohnya  Soekarno merupakan salah satu tokoh yang melakukan perlawanan terhadap Jepang dengan cara kooperaitf yakni ikut dalam mengerahkan Romusha akan tetapi juga menanamkan rasa nasionalisme kepada rakyat Indonesia.

Kunci jawaban dari pertanyaan Pengaruh pendudukan militer Jepang juga melahirkan sikap kooperasi dalam pergerakan kebangsaan Indonesia. Organisasi yang termasuk bersikap kooperasi adalah… . d. Putera

Organisasi lain yang termasuk dalam katagori perjuangan kooperatif yakni Gerakan 3A dan Jawa Hokokai.

Pembahasan opsi jawaban lainnya:

  • Fujinkai merupakan organisasi barisan perempuan atau wanita yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang.
  • Kempetai merupakan polisi militer yang dibentuk oleh pemerintah Jepang
  • Keimubu yaitu departemen kepolisian yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *