Badan tertinggi OKI

Badan otoritas tertinggi dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) adalah… .

A. Konferensi Para Raja dan Kepala Negara/Pemerintahan

B. Konferensi Para Menteri Luar Negeri

C. Sekretariat Jenderal

D. Mahkamah Islam Internasional

E. Konferensi Para Menteri Agama

Pembahasan:

OKIOrganisasi Konferensi Islam atau Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dibentuk pada tanggal 25 September 1969. OKI diprakarsai oleh Raja Faisal dari Arab Saudi dan Raja Hasan II dari Maroko. Sebab khusus dibentuknya OKI adalah dibakarnya masjidil aqsa oleh Israel.

Struktur organisasi OKI adalah

  • Konferensi Para Raja dan Kepala Pemerintahan yang merupakan badan otoritas tertinggi dalam OKI. Konferensi tingkat tinggi diadakan tiga tahun sekali.
  • Konferensi Para Menteri Luar Negeri. Diadakan setiap setahun sekali. Konferensi Tingkat Menteri (KTM) bertugas memeriksa dan menguji progress report dari implementasi keputusan keputusan yang diambil pada pertemuan puncak
  • Sekretaris Jenderal. Sekjen dipilih oleh Konferensi Tingkat Menteri (KTM). Sekjen masa jabatan selama empat tahun dan tidak dapat dipilih kembali.
  • Mahkamah Islam Internasional berperan sebagai badan peradilan untuk menyelesaikan sengketa antarnegara anggota.
  • Organ Organ Khusus seperti Bank Pembangunan Islam, Kamar dagang, Industri dan Komoditi Islam, Islamic international news agency di Jeddah, Islamic State Broadcasting Organization di Jeddah, Islamic Education Scientific and Cultural Organization di Casablanca.

*********

Jadi: Badan otoritas tertinggi dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) adalah… .A. Konferensi Para Raja dan Kepala Negara/Pemerintahan

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *