Ciri Utama Peristiwa Sejarah

ProklamasiSejarah adalah ilmu yang membahas masa lalu. Perhatian sejarah terfokus pada pengalaman dan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh manusia, serta peritiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang terjadi dalam lingkup manusia. Sebagai suatu studi, sejarah meneliti sepanjang kehidupan manusia, yaitu sejak manusia pertama kali muncul di bumi ini hingga sekarang. 

Berikut ini adalah ciri utama sejarah

  1. Peristiwa sejarah itu abadi. Sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu dan tidak akan pernah berubah. Abadi dalam hal ini peristiwa sejarah tetap dikenang sepanjang masa oleh generasi selanjutnya. Sebagai contoh sejarah mengenai kejayaan kerajaan Majapahit akan selalu abadi dan dikenang oleh banyak orang Indonesia.
  2. Peristiwa sejarah itu unik yaitu peristiwa yang terjadi hanya satu kali dan tidak akan pernah berulang kembali. Satu persitwa terjadi tidak akan pernah terjadi untuk kedua kalinya. Kalau ada istilah sejarah yang berulang, itu bukan peristiwanya yang berulang melainkan ciri-ciri atau bentuk peristiwa yang memiliki kesamaan alur, akan tetapi beda baik itu pelaku (manusia), waktu dan bahkan tempatnya. Contoh proklamasi di Indonesia merupakan peristiwa unik, hanya terjadi sekali dalam sejarah Indonesia.
  3. Peristiwa sejarah itu penting yakni menyangkut hajat hidup orang banyak. Peristiwa yang masuk dalam sejarah sebagian besar hanya sejarah orang-orang besar yakni pemimpin, pahlawan, dan biasanya hanya mencangkup dalam bidang politik. Peristiwa yang masuk dalam pelajaran sejarah adalah peristiwa yang penting dalam perjalanan bangsa ini. Sebagai contoh peristiwa pemberontakan petani di Banten. Meskipun dilakukan oleh rakyat kecil, akan tetapi memiliki dampak penting bagi pengambilan kebijakan oleh pemerintah colonial Belanda.
No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *