Tokoh Penentang Kebijakan Cultuur Stelsel

Salah satu bentuk protes terhadap kebijakan cultuur stelsel di Jawa dilakukan dalam bentuk karya sastra yang dibuat oleh… .

A. E.F.E Douwes Dekker

B. E. Douwes Dekker

C. Danurdirja Setiabudhi

D. Fransen Van de Putte

E. Baron van Hoen Van Hoevel

Pembahasan:

  • E.F.E Douwes Dekker atau Danurdirja Setiabudhi merupakan salah satu tokoh tiga serangkai dalam organisasi Indische Partij.
  • E. Douwes Dekker merupakan salah satu keturunan Indo yang melakukan penentangan terhadap pelaksanaan cultuur stelsel. E. Douwes Dekker  pernah menjabat sebagai residen di Lebak, Banten. E. Douwes Dekker menulis sebuah novel yang berjudul “Max Havelaar” dengan menggunakan samaran Multatuli. Dalam novel Max Havelaar diperlihatkan mengenai penderitaan rakyat akibat pelaksanaan Cultuur Stelsel.
  • Fransen Van de Pute merupakan salah satu pengkritik Cultuur Stelsel. Pernah menjadi administrator perkebunan gula di Situbondo. Pada saat menjabat sebagai parlemen dan juga menteri jajahan,  Fransen Van de Pute ingin menghapus cultuur stelsel. Fransen Van de Pute menulis buku yang berjudul “Suiker Contracten” atau kontrak kontrak gula.
  • Baron van Hoen Van Hoevel merupakan salah satu pendeta yang menentang tanam paksa.
  • Golongan pengusaha menghendaki kebebasan berusaha, dengan alasan bahwa Sistem Tanam Paksa tidak sesuai dengan ekonomi liberal.

Kunci jawaban:

Salah satu bentuk protes terhadap kebijakan cultuur stelsel di Jawa dilakukan dalam bentuk karya sastra yang dibuat oleh… . B. E. Douwes Dekker