Daerah pemberontakan DI/TII yang dipimpin Kahar Muzakar

Kahar Muzakar mempimpin pemberontakan DI/TII di daerah…

A. Aceh

B. Jawa Tengah

C. Sulawesi Selatan

D. Kalimantan Selatan

E. Jawa Barat

Pembahasan:

Berikut ini daerah dan pemimpin pemberontakan DI/TII:

  • DI/TII Aceh dipimpin oleh Daud Beureuh
  • DI/TII Jawa Tengah dipimpin oleh Amir Fatah
  • DI/TII Sulawesi Selatan dipimpin oleh Kahar Muzakar
  • DI/TII Kalimantan Selatan dipimpin oleh Ibnu Hajar
  • DI/TII Jawa Barat dipimpin oleh katosuwiryo
Kahar Muzakar

Tokoh Kahar Muzakkar sendiri pada masa perang kemerdekaan pernah berjuang di Jawa bahkan menjadi komandan Komando Grup Sulawesi Selatan yang bermarkas di Yogyakarta. Setelah pengakuan kedaulatan tahun 1949 ia lalu ditugaskan ke daerah asalnya untuk membantu menyelesaikan persoalan tentang Komando Gerilya Sulawesi Selatan (KGSS) di sana. KGSS dibentuk sewaktu perang kemerdekaan dan berkekuatan 16 batalyon atau satu divisi. Pemerintah ingin agar kesatuan ini dibubarkan lebih dahulu untuk kemudian dilakukan reorganisasi tentara kembali. Semua itu dalam rangka penataan ketentaraan.

Namun anggota KGSS menolaknya. Begitu tiba, Kahar Muzakkar diangkat oleh Panglima Tentara Indonesia Timur menjadi koordinator KGSS, agar mudah menyelesaikan persoalan. Namun Kahar Muzakkar malah menuntut kepada Panglimanya agar KGSS bukan dibubarkan, melainkan minta agar seluruh anggota KGSS dijadikan tentara dengan nama Brigade Hasanuddin. Tuntutan ini langsung ditolak karena pemerintah berkebijakan hanya akan menerima anggota KGSS yang memenuhi syarat sebagai tentara dan lulus seleksi. Kahar Muzakkar tidak menerima kebijakan ini dan memilih berontak diikuti oleh pasukan pengikutnya. Kahar Muzakkar pada tanggal 7 Agustus 1953 menyatakan diri sebagai bagian dari Negara Islam Indonesia Kartosuwiryo.

Kunci jawaban:

Kahar Muzakar mempimpin pemberontakan DI/TII di daerah… C. Sulawesi Selatan

Untuk materi tentang bentuk bentuk ancaman disintegrasi bangsa silahkan kunjungi link youtube berikut ini. Kalau bermanfaat jangan lupa subscribe, like dan share.. Terimakasih