Isi Prasasti Tugu

Prasasti Tugu merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Di bawah ini yang bukan merupakan isi dari Prasasti Tarumangera adalah… .

a. menyebutkan mengenai penggalian Sungai Chandrabhaga

b. menyebutkan pemberian 1.000 ekor sapi kepada Brahmana

c. menyebutkan keagungan raja dengan telapak kaki Wisnu

d. menyebutkan nama nama lain di samping Purnawarman

e. menyebutkan mengenai Sungai Gomati

Pembahasan:

Prasasti Tugu merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Tarumanegara. Prasasti Tugu menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa.

Adapun terjemahan dari isi Prasasti Tugu:

“Dahulu sungai yang bernama Candrabhaga telah digali oleh maharaja yang mulia dan yang memiliki lengan kencang serta kuat yakni Purnnawarmman, untuk mengalirkannya ke laut, setelah kali (saluran sungai) ini sampai di istana kerajaan yang termashur. Pada tahun ke-22 dari tahta Yang Mulia Raja Purnnawarmman yang berkilau-kilauan karena kepandaian dan kebijaksanaannya serta menjadi panji-panji segala raja-raja, (maka sekarang) dia pun menitahkan pula menggali kali (saluran sungai) yang permai dan berair jernih Gomati namanya, setelah kali (saluran sungai) tersebut mengalir melintas di tengah-tegah tanah kediaman Yang Mulia Sang Pendeta Nenekda (Raja Purnnawarmman). Pekerjaan ini dimulai pada hari baik, tanggal 8 paro-gelap bulan dan disudahi pada hari tanggal ke 13 paro terang bulan Caitra, jadi hanya berlangsung 21 hari lamanya, sedangkan saluran galian tersebut panjangnya 6122 busur. Selamatan baginya dilakukan oleh para Brahmana disertai 1000 ekor sapi yang dihadiahkan”

Dari isi Prasasti Tugu, dapat diperoleh informasi mengenai:

  1. menyebutkan mengenai penggalian Sungai Chandrabhaga
  2. menyebutkan pemberian 1.000 ekor sapi kepada Brahmana
  3. menyebutkan nama nama lain di samping Purnawarman
  4. menyebutkan mengenai Sungai Gomati
  5. puja puji terhadap raja Purnawarman

Ospi jawaban “c. menyebutkan keagungan raja dengan telapak kaki Wisnu” bukan isi dari Prasasti Tugu melainkan isi dari Prasasti Ciareteun

Kunci jawaban:

Prasasti Tugu merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Di bawah ini yang bukan merupakan isi dari Prasasti Tarumangera adalah… . c. menyebutkan keagungan raja dengan telapak kaki Wisnu

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *