Kerjasama Ekonomi Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko

Sebuah organisasi regional yang berdiri disebebkan oleh adanya keinginan untuk memperluas pasar dengan cara membuka pasar bebas di Benua Amerika Utara. Organisasi yang beranggotakan Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada dikenal dengan nama… .

a. AFTA

b. NAFTA

c. CAFTA-DR

d. APEC

e. OPEC

Pembahasan:

  • AFTA merupakan kerjasama ekonomi terutama mewujudkan pasar bebas antar negara negara di kawasan ASIA TENGGARA
  • NAFTA atau North American Free Trade Agreement merupakan kerjasama antara Amerika Serikat dan Kanada kemudian ditambah dengan Meksiko. Pada September 1998 ditandatangani Declaration and Memorandum of Undestanding untuk menjalin kerjasama trilateral. NAFTA bermarkas di Washington DC, Ottawa dan Mexico City. Tujuan NAFTa antara lain meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja melalui usaha penghapusan hambatan perdagangan, menciptakan iklim usaha untuk mendorong persaingan yang adil, dan meningkatkan peluang investasi dan memberikan perlindungan terhadap hak milik intelektual.
  • CAFTA-DR atau Central America Free Trade Agreement – Dominican Republic yakni perjanjian perdagangan bebas negara negara di Amerika Tengah dan Republik Dominika. Negara yang tergabung dengan CAFTA-DR yakni Amerika Serikat, Kosta Rika, El Salvador, Guetemala, Honduras, Nikaragua dan Republik Dominika.
  • APEC merupakan kerjasama ekonomi negara negara di kawasan Asia Pasifik
  • OPEC merupakan kerjasama negara negara pengekspor minyak

Kunci jawaban:

Sebuah organisasi regional yang berdiri disebebkan oleh adanya keinginan untuk memperluas pasar dengan cara membuka pasar bebas di Benua Amerika Utara. Organisasi yang beranggotakan Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada dikenal dengan nama… .b. NAFTA

negara negara di Amerika Utara

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *