Ketua BPUPKI

Sebagai langkah nyata dari janji Koiso, di Indonesia kemudian dibentuk Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Yang ditunjuk sebagai ketua lembaga itu adalah… .

A. Soekarno

B. M. Hatta

C. dr. Radjiman      

D. Ahmad Subardjo

E. M. Yamin

Pembahasan:

Pada tahun 1944, kedudukan Jepang dalam Perang Dunia II semakin terjepit diakibatkan oleh berbagai pertempuran. Oleh karena itu, untuk mempertahankan pengaruh Jepang di negara-negara yang didudukinya, Perdana Menteri Koiso mengeluarkan Janji Kemerdekaan pada tanggal 7 September 1944 dalam sidang parlemen Jepang di Tokyo. Sebagai realisasi dari janji tersebut, pada tanggal 1 Maret 1945, Letnan Jenderal Kumakici Harada (pemimpin militer di Jawa) mengumumkan pembentukan Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

BPUPKI bertugas untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang penting dan perlu bagi pembentukan negara Indonesia, misalnya saja hal-hal yang menyangkut segi ekonomi dan politik. Sebagai ketua dari BPUPKI adalah dr. Radjiman Wediodiningrat.

Pemimpin Sidang BPUPKI : radjiman wediodiningrat

Kunci jawaban:

Sebagai langkah nyata dari janji Koiso, di Indonesia kemudian dibentuk Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Yang ditunjuk sebagai ketua lembaga itu adalah… . C. dr. Radjiman