Pakta Pertahanan pada Perang Dingin

natoPada Perang Dingin, dua negara adikuasa pemenang Perang Dunia II, Amerika Serika dan Uni Soviet, saling bersaing satu sama lain. Persaingan itu meliputi berbagai hal dalam kehidupan baik itu dalam bidang politik, ekonomi, budaya hingga pertahanan keamanan. Salah satu bidang pertahanan keamanan adalah dengan pembentukan persekutuan pertahanan, atau yang lebih terkenal dengan istilah pakta pertahanan. Blok Barat maupun Blok Timur saling bersaing membuat pakta pertahanan. Persenjataan yang dibuat merupakan senjata canggih-canggih. Apabila satu negara sedang terlibat peperangan, negara lain yang tergabung dalam pakta pertahanan akan membantu.

Blok Barat adalah perkumpulan dari negara-negara yang berpaham liberalis-kapitalis, dipimpin oleh Amerika Serikat. Negara blok barat antara lain Inggris, Australia, Belanda, Jerman dan negara-negara lainnya. Pasca Perang Dunia II, Amerika Serikat membuat persekutuan dengan negara-negara lain guna membendung paham komunis. Sedangkan Blok Timur adalah negara-negara yang menganut paham sosialis-komunis yang dipimpin oleh Uni Soviet. Uni Soviet membentuk pakta pertahanan guna mengimbangi pakta pertahanan yang dibuat oleh Amerika Serikat.

North Antlantik Treaty Organization (NATO)

NATO merupakan organisai pertahanan negara-negara Atlantik Utara dengan tujuan menahan laju komuni di Eropa. Pada mulanya, NATO hanyalah merupakan perjanjian pertahanan antara Inggris dan Perancis (1947). Pada tanggal 4 April Amerika Serikat dengan negara-negara Eropa membentuk NATO. Anggota NATO antara lain Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Belgia, Belanda, Luxemburg, Kanada, Portugal, Denmark, Norwegia, Italia, Islandia, Yunani, Turki dan Jerman Barat.

South East Asia Treaty Organization (SEATO)

SEATO merupakan organisasi pertahanan di Asia Tenggara dengan tujuan untuk membendung bahaya komunis di Asia Tenggara khususnya di Vietnam. SEATO terbentuk akibat ditandatanganinya south east asia collective defence treaty organization di Manila pada tanggal 8 September 1954. Anggota SEATO antara lain Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Australia, Selandia Baru, Pakistan, Thailand dan Philipina.

Autralia, New Zeland, United State (ANZUS)

ANZUS merupakan suatu pakta pertahanan militer antara ketiga negara tersebut dalam menghadapi komunis. ANZUZ didirikan dengan dasar tripartite security treaty pada tanggal 1 September 1951 Anggota ANZUS yaitu Australia, New Zeland (Selandia Baru), dan Amerika Serikat.

Central East Treaty Organization (CENTO)

CENTO merupakan pakta pertahanan yang dibuat Amerika Serikat dengan negara-negara Timur-Tengah. Tujuannya yaitu untuk membendung paham komunisme di Timur Tengah. CENTO/METO semula bernama Pakta Bagdad. Anggota CENTO antara lain Amerika Serikat, Inggris, Irak, Iran, Turki dan Pakistan.

Pakta Warsawa

nikita-khrushchevPihak Blok Timur dibawah Uni Soviet membentuk juga membentuk pakta pertahanan. Sesudah blok barat membentuk NATO, untuk mengimbangi hal tersebut, maka Uni Soviet membentuk pakta pertahanan dengan negara-negara lain yang berhaluan sosialis-komunis. Pakta tersebut bernama Pakta Warsawa yang dibentuk di Warsawa, Polandia pada tanggal 14 Mei 1955. Anggota Pakta Warsawa antara lain Uni Soviet, Polandia, Cekoslovakia, Bulgaria, Hongaria, Rumania, Albania, Mongolia, dan Jerman Timur.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *