Revolusi Besar Dunia dan Pengaruhnya bagi Umat Manusia

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

SALAM MERDEKA untuk kita semua.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas berbagai revolusi besar dunia, antara lain : Revolusi Amerika, Revolusi Perancis, Revolusi Cina, Revolusi Rusia dan ditutup dengan Revolusi Indonesia. Kalian bisa menimak materi yang ada pada link youtube berikut ini.

SEMOGA BERMANFAAT

Revolusi Amerika

Revolusi Amerika berawal dari adanya koloni koloni yang dibuat oleh bangsa Eropa. Kemudian terjadi perebutan negara negara koloni yang dilakukan oleh bangsa Eropa. Antara Inggris dengan Perancis terjadi Perang Tujuh Tahun (1756-1763) memperebutkan daerah koloni yang dimenangkan oleh Inggris. Inggris yang mengalami kesulitan keuangan kemudian menerapkan berbagai pajak yang memberatkan rakyat Amerika. terjadi peristiwa terkenal yakni “Boston Tea Party”. secara lebih lengkapnya mengenai Revolusi Amerika bisa disimak pada video berikut ini:

Revolusi Perancis

Revolusi yang terjadi di Amerika kemudian berpengaruh terhadap Perancis. Perancis pada masa tersebut dikuasi oleh kekuasaan Monarki Absolut. Adanya ketidakadilan menjadi salah satu penyebab terjadinya Revolusi Perancis. Pada tanggal 14 Juli 1789, terjadi serbuan terhadap Penjara Bastille yang dianggap sebagai simbol absolutisme raja. Untuk lebih lengkapnya mengenai Revolusi perancis bisa disimak pada video berikut ini:

Revolusi Cina

Adanya dominasi asing dan ketidakpuasan terhadap Dinasti Manchu menjadi salah satu penyebab terjadinya Revolusi Cina. Terkenal tokoh dr Sun Yat Sen dengan ajarannya San Min Chui yang berhasil mendirikan negara Republik Cina. Hingga akhirnya terjadi persaingan antara kubu nasionalis dengan kubu komunis. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak pada video berikut ini:

Revolusi Rusia

Revolusi Rusia terjadi pada tahun 1917 yang mana terjadi penggulingan kekuasaan Tsar Nicholas II yang memerintah secara otoriter. Salah satu tokoh yang memimpin Revolusi Kaum Bolshevick yakni Vladimir Lenin. Lenin kemudian mendirikan negara Uni Soviet. Untuk lebih lengkapnya mengenai Revolusi Rusia bisa disimak pada video berikut ini:

Revolusi Nasional Indonesia

Pasca Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, NICA (Belanda) berusah untuk kembali menguasai Indonesia. NICA datang membonceng pasukan AFNEI yang bertugas di Indonesia. Bangsa Indonesia yang masih dalam eforia kemerdekaan kemudian menempuh berbagai cara untuk mempertahankan kemerdekaan, baik secara fisik atau militer maupun dengan jalan diplomasi. Selain itu juga terjadi revolusi sosial di Indonesia pasca kemerdekaan. Secara lengkapnya mengenai revolusi nasional Indonesia bisa disimak pada video berikut ini: