Tujuan Kebijakan Glasnost dan Perestroika

Pada tahun 1980-an Presiden Uni Soviet Mikhael Gorbachev mencanangkan gerakan glasnost dan perestroika dengan tujuan untuk memperjuangkan….

  1. Keterbukaan informasi
  2. Pembacaan informasi
  3. Restrukturisasi ekonomi
  4. Kemajuan teknologi

Pembahasan Soal

Perubahan Uni Soviet terjadi pada masa presiden Mikhail Gorbachev. Gorbachev menyadari bahwa Uni Soviet, secara ekonomi-sosial sudah tertinggal jauh dari Negara-negara maju. Tampilnya Gorbachev dihadapkan pada berbagai masalah diantaranya menurunnya produktivitas, anjloknya GNP, birkorasi yang berbelit. Masalah luar negeri juga turut mewarnai pemerintahan Gorbachev antara lain masalah Afghanistan, Kamboja, dan Afrika.

Latar belakang tersebut membuat Gorbechev menggulirkan gagasan reformasi yang meliputi:

  1. Glasnost (keterbukaan), membuka dialog baik tentang masalah politik, ekonomi maupun sosial. Glasnost membuka adanya kebebasan berpendapat diberbagai aspek kehidupan.
  2. Parestroika (restrukturisasi), pembaharuan struktur ekonomi, politik, dan sosial-budaya. Restrukturisasi dibidang ekonomi dari system ekonomi sentralisasi-sosialisme-komunisme menjadi system ekonomi desentralisasi-sosialisme-demokrasi.
  3. Democratyzatsia, yakni desentralisasi politik dalam bentuk pemberian wewenang penuh kepada Negara-negara bagian untuk mengurus wilayahnya sendiri dalam naungan Uni Soviet
  4. Zokonost, yakni proses peradilan atau penegakkan hukum secara adil, bebas dan terbuka

Jadi: Pada tahun 1980-an Presiden Uni Soviet Mikhael Gorbachev mencanangkan gerakan glasnost dan perestroika dengan tujuan untuk memperjuangkan….B [(1) Keterbukaan informasi, dan (3) Restrukturisasi ekonomi]

One Comment
  1. Avatar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *