Dampak Pendudukan Jepang

jepangJepang menjajah Indonesia dari tanggal 8 Maret 1942 sampai 17 Agustus 1945. Selama rentan waktu itu, Jepang mengeksploitasi baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Saking kejamnya Jepang, ada yang mengibaratkan lebih menderita di jajah Jepang walau hanya selama tiga setengah tahun, dibandingkan dijajah Belanda selama tiga setengah abad. Akan tetapi selain dampak negatif, pendudukan Jepang di Indonesia juga memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia.

Dampak Negatif

  1. Kondisi ekonomi rakyat yang semakin menurun, hal ini dikarenakan lahan produktif untuk menanam tanaman jarak yang digunakan sebagai pelumas mesin.
  2. Perampasan kekayaan rakyat
  3. Produksi pertanian makin menurun, selain lahan ditanami jarak, jumlah petani menurun dikarenakan diwajibkan untuk mengikuti pelatihan militer
  4. Sandang pangan sulit didapatkan. Pada masa ini rakyat Indonesia benar-benar hidup dalam kemiskinan. Makanan mereka tidak memadai, banyak orang yang menggunakan pakaian dari karung goni
  5. Banyak rakyat yang menderita penyakit kulit
  6. Penderiaan yang dirasakan oleh Romusha dan Jugun Ianfu
  7. Banyak orang Indonesia yang dikirim keluar negeri akan tetapi tidak kembali

Dampak positif

  1. Rakyat Indonesia mempunyai rasa disiplin (semangat bushido) yang diterapkan Jepang
  2. Rakyat Indonesia dapat berorganisasi. Banyak tokoh Indonesia yang mendapatkan posisi penting pada masa pendudukan Jepang, seperti Soekarno.
  3. Bahasa Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Pada masa pendudukan Jepang, penggunaan bahasa Belanda dilarang, sebagai gantinya maka bahasa Indonesia mulai diajarkan disekolahan dan dijadikan sebagai bahasa pengantar selain bahasa Jepang.
  4. Rakyat Indonesia mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang militer. Berbagai organisasi militer maupun semi militer pada zaman Jepang, nanti bermanfaat saat Indonesia harus mempertahankan kemerdekaan.
  5. Bangsa Indonesia mendapatkan pendidikan yang lebih luas dibandingkan pada zaman kolonial Belanda.
  6. Bendera Indonesia boleh berkibar disamping bendera Jepang
  7. Pembentukan BPUPKI dan PPKI yang nantinya berhasil membentuk kelengkapan negara.

No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *