Indonesia Keluar dari PBB

indonesia keluar dari PBB
Pada tanggal 28 september 1966, Indonesia kembali menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setelah sebelumnya indonesia keluar pada masa pemerintahan presiden Soekarno
SEBAB 
Indonesia aktif mendukung langkah-langkah perdamaian yang dipelopori PBB dengan mengirimkan Pasukan Garuda

Pembahasan
Keluarnya Indonesia dari keanggotaan di PBB tidak lepas dari adanya konfrontasi dengan Malaysia. Ditengah berlangsungnya Konfrontasi Indonesia Malaysia, Malaysia dicalonkan menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Kondisi ini mendorong pemerintah Indonesia mengambil sikap menolak pencalonan Malaysia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Ketika tanggal 7 Januari 1965 Malaysia dinyatakan diterima sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, dengan spontan Presiden Sokearno menyatakan “Indonesia keluar dari PBB”.
Kondisi politik didalam negeri Indonesia mengalami perubahan akibat adanya G 30 S/PKI. Buntut dari semua itu membuat Presiden Soekarno digantikan oleh Presiden Soeharto. Presiden Soeharto kemudian mengambil kebijakan yang berbeda dengan Soekarno. Indonesia kembali menjadi anggota PBB pada tanggal 28 September 1966 guna mengembalikan kepercayaan dunia internasional.
Pengiriman pasukan Garuda
Dalam rangka berperan aktif dalam menjaga perdamaian dunia, Indonesia mengirimkan pasukan khusus di bawah naungan bendera PBB yang dikenal dengan nama Pasukan Garuda. Diantaranya Pasukan Garuda I diberangkatkan ke Timur Tengah pada bulan Januari 1957, Pasukan Garuda II dikirim ke Kongo dsb.
Jadi: pernyataan “Pada tanggal 28 september 1966, Indonesia kembali menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setelah sebelumnya indonesia keluar pada masa pemerintahan presiden Soekarno” adalah BENAR. Sedangkan sebab “Indonesia aktif mendukung langkah-langkah perdamaian yang dipelopori PBB dengan mengirimkan Pasukan Garuda” juga BENAR.
BENAR-BENAR akan tetapi tidak memiliki hubungan jawabannya adalah B
No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *