Jerman Setelah Kalah Perang Dunia II

Pernyataan berikut yang tidak tepat terkait wilayah negara Jerman setelah kalah dalam Perang Dunia II adalah… .

A. wilayah bagian timur dikuasai oleh Uni Soviet

B. wilayah bagian barat dikuasai Amerika Serikat, Inggris dan Perancis

C. Jerman dibagi ke dalam empat zona pendudukan

D. seluruh Kota Berlin dikuasai Uni Soviet

Pembahasan:

Pada akhir Perang Dunia II, Jerman mulai mengalami kekalahan diberbagai front pertempuran. Tentara Sekutu yang masuk pertama kali (16 April 1945) di kota Berlin Jerman adalah tentara Sekutu yakni tentara Merah Uni Soviet dipimpin oleh Marsekal Zhukov.

Akhirnya pada tanggal 7 Mei 1945, Jerman yang diwakili oleh Wilhelm Heitel menyetujui penyerahan tanpa syarat kepada Sekutu. Pada akhirnya dilakukan Perjanjian Postdam untuk menyelesaikan masalah Jerman. Tiga tokoh yang terkenal dengan sebutan The Big Three yakni Stalin (Uni Soviet), Clement Richard Attle (Inggris) dan Harry S Thruman (Amerika Serikat).

Perjanjian Postdam diawali dengan adanya Perjanjian Yalta (4-11 Februari 1945) yang isinya:

  1. Rencana penyerahan tanpa syarat Jerman. Pendudukan Jerman akan dikuasai Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Uni Soviet.
  2. Rencana pembentukan PBB
  3. Rencana Uni Soviet memaklumkan perang terhadap Jepang setelah kekalahan Jerman dengan kompensasi pemberian wilayah Sakhalin Selatan, Kepulauan Kuril,

Daerah-daerah di Eropa Timur berhasil dikuasai oleh Uni Soviet. Uni Soviet dibawah pimpinan Stalin kemudian menunjuk penguasa penguasa di daerah yang dikuasai dengan yang pro Uni Soviet. Hal ini mendapatkan tentangan dari Amerika Serikat.

Perjanjian Postdam ditandatangani pada tanggal 2 September 1945 yang isinya antara lain:

  1. Jerman dibagi menjadi 4 daerah pendudukan yaitu Jerman sebelah tiimur dikuasai oleh Uni Soviet, sebelah tenggara dikuasai oleh Amerika Serikat, sebelah utara Inggris dan Jerman sebelah barat dikuasi oleh Perancis
  2. Kota Berlin dibagi menjadi dua, Berlin Timur dikuasai oleh Uni Soviet sedangkan Berlin Barat dikuasai oleh Amerika Serikat, Perancis dan Inggris.
  3. Demiliterisasi jerman
  4. Penjahat perang harus diadili
  5. Jerman harus membayar ganti rugi perang

Pada tanggal 23 Mei 1949, wilayah dalam pendudukan Amerika Serikat, Inggris dan Perancis membentuk negara Republik Federasi Jerman atau Jerman Barat. Sedangkan pada tanggal 7 Oktober 1949 daerah yang dikuasai oleh Uni Soviet membentuk Republik Demokrasi Jerman atau Jerman Timur.

Kunci jawaban: Pernyataan berikut yang tidak tepat terkait wilayah negara Jerman setelah kalah dalam Perang Dunia II adalah… . E. seluruh Kota Berlin dikuasai Uni Soviet

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *