Peninggalan-peninggalan zaman pra-aksara

gambar-peninggalan-zaman-megalithikumZaman pra aksara adalah zaman ketika manusia belum mengenal tulisan. Berbagai pembabakan zaman pra aksara dibuat oleh berbagai ahli sejarah, salah satunya adalah berdasarkan alat yang digunakan manusia purba. Pada awalnya alat yang digunakan manusia purba sangat sederhana yang didapat dari alam, Manusia tertua yang ditemukan di Indonesia adalah Meganthropus Paleojavanicus yakni diperkirakan 1,6 juta tahun yang lalu masih menggunakan alat yang sederhana yakni berupa batu. Kemudian manusia purba mengalami evolusi bukan hanya bentuk fisik, melainkan juga alat-alat yang digunakan.

Berikut ini alat-alat yang pernah digunakan manusia purba pada zaman pra-aksara

Alat-alat yang terbuat dari batu antara lain:

Pada zaman Paleolitikum (Batu tua) alat yang digunakan masih sangat kasar, belum diasah. Alat yang digunakan antara lain Kapak Genggam atau Kapak Perimbas dan Chopper (alat penetak) yang digunakan untuk berburu.

Pada zaman Mesolitikum (Batu tengah/batu madya) alat-alat yang digunakan antara lain Kapak Sumatera (pebble culture), ) alat-alat dari tulang hewan (bone culture), mata panah dan alat serpih (flakes culture)

Pada zaman Neolitikum (Batu muda/Batu baru) alat yang digunakan antara lain Kapak Persegi yang banyak ditemukan dikawasan Indonesia bagian barat, Kapak Lonjong banyak ditemukan di wilayah Indonesia bagian timur. Kapak lonong yang ukuran besar sering disebut walzenbeil dan yang kecil dinamakan kleinbeil. Penyebaran jenis kapak lonjong ini terutama di Kepulauan Indonesia bagian timur, misalnya di daerah Papua, Seram, dan Minahasa. Kedua senjata tersebut diperkirakan berasal dari kebudayaan Boscon-Hoabinh. Selain itu juga ditemukan peralatan lain yakni gerabah dari tanah liat juga perhiasan yang terbuat dari batu.

Pada Zaman Megalitikum (Zaman baru besar) peninggalan berupa alat-alat yang berhubungan dengan kepercayaan manusia purba. Antara lain:

  • Menhir (tugu batu sebagai tempat pemujaan)
  • Dolmen (meja batu untuk menaruh sesajen)
  • Sarkofagus (bangunan berbentuk lesung yang menyerupai peti mati)
  • Kubur batu (lempeng batu yang disusun untuk mengubur mayat)
  • Punden berundak (bangunan bertingkat-tingkat untuk pemujaan)
  • Arca (perwujudan subjek pemujaan berupa manusia atau hewan)
  • Waruga (kubur batu berbentuk kubus tempat menyimpan mayat)

Sedangkan peninggalan manusia purba pada zaman pra aksara yang terbuat dari logam antara lain:

Pada zaman perundagian, manusia purba sudah bisa membuat perkakas-perkakas yang terbuat dari logam. Peninggalan yang terbuat dari logam pada masa pra aksara adalah:

  1. Kapak Perunggu/Kapak Sepatu/Kapak Corong
  2. Nekara berbentuk seperti genderang. Nekara digunakan untuk ritual memanggil hujan. Alat seperti nekara ditemukan di Sumatera, Jawa, Bali, Pulau Rote, Pulau Selayar, Kepualauan Kei dan daerah sekitarnya.
  3. Moko adalah benda semacam nekara yang berukuran kecil yang digunakan sebagai alat pusaka dan maskawin. Moko banyak ditemukan di kepulauan Alor.
  4. Bejana perunggu
  5. Arca perunggu
  6. Perhiasan perunggu

Untuk materi lebih lengkap tentang ZAMAN PRA AKSARA DI INDONESIA silahkan kunjungi link youtube berikut ini. Kalau bermanfaat jangan lupa subscribe, like dan share.. Terimakasih

2 Comments
  1. Avatar
  2. Avatar