Penyebab Runtuhnya Kerajaan Demak

masjid tradisional
Penyebab utama runtuhnya Kerajaan Demak pada pertengahan abad ke-16 adalah….
(A) Perang saudara merebutkan tahta Kerajaan Demak
(B) Kerajaan Demak dikalahkan oleh Portugis di Malaka
(C) Kerajaan Demak dihancurkan oleh pasukan dari Panarukan
(D) Perang saudara antara Demak dengan Majapahit
(E) Tidak ada raja yang pandai dalam mengendalikan pemerintahan

Pembahasan:
Sultan Trenggana yang merupakan raja terbesar dari kerajaan Demak meninggal pada tahun 1546 dalam sebuah pertempuran menaklukkan Pasuruan, dan kemudian digantikan oleh Sunan Prawoto. Suksesi ke tangan Sunan Prawoto tidak berlangsung mulus. Penunjukannya sebagai sunan ditentang oleh adik Trenggana, yaitu Pangeran Sekar Seda Lepen. Dalam penumpasan pemberontakan, Pangeran Sekar Seda Lepen akhirnya terbunuh. Akan tetapi, pada tahun 1561 Sunan Prawoto beserta keluarganya dihabisi oleh suruhan Arya Penangsang, putera Pangeran Sekar Seda Lepen. Arya Penangsang kemudian menjadi penguasa tahta Demak. Suruhan Arya Penangsang juga membunuh Pangeran Hadiri, adipati Jepara, dan hal ini menyebabkan adipati-adipati di bawah Demak memusuhi Arya Penangsang, salah satunya adalah Adipati Pengging.
Arya Penangsang akhirnya berhasil dibunuh dalam peperangan oleh Sutawijaya, anak angkat Joko Tingkir. Joko Tingkir memindahkan pusat pemerintahan ke Pajang, dan di sana Joko Tingkir mendirikan Kerajaan Pajang.
Jadi:
Penyebab utama runtuhnya Kerajaan Demak pada pertengahan abad ke-16 adalah A (Perang saudara merebutkan tahta Kerajaan Demak)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *