Reunifikasi Jerman

bersatunya jermanPada perang Dunia II, Jerman meruapakn salah satu pihak yang mengalami kekalahan. Jerman menyerah kepada Sekutu pada tanggal 7 Mei 1945. Maka dilakukanlah Perjanjina Postdam tanggal 2 Agusuts 1945. Pada intinya isi dari Perjanjian Postdam yaitu pembagian Jerman, Denazifikasi, dan Demiliterisasi Jerman. Hasil Perjanjian Postdam membagi Jerman menjadi dua bagian, yaitu

  1. Jerman Barat (Republik Federasi Jerman), di bawah pendudukan Amerika Serikat, Inggris dan Perancis
  2. Jerman Timur (Republik Demokrasi Jerman) dibawah pendudukan Uni Soviet

Kota Berlin terbagi menjadi dua yaitu Berlin Barat dan Berlin Timur dengan dibatasi oleh Tembok Berlin (dinding maut). Jerman Barat mengikuti Blok Barat dengan menganut paham liberal-kapitalisme, sedangkan Jerman Timur mengikuti Blok Timur dengan menganut paham Komunisme-Sosialis. Permusuhan antara Jerman barat dengan Jerman Timur semakin meruncing, Jerman Barat tergabung dalam NATO, sedangkan Jerman Timur bergabung dengan Pakta Warsawa.

Jerman Barat muncul menjadi Negara yang maju dari segi perekonomian. Jerman Barat tergabung dalam Negara industry maju (G7) bersama Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Italia dan Jepang. Sedangkan Jerman Timur perekonomian terhambat dan tertinggal jauh dengan Jerman Barat. Kemudian terjadilah eksodus besar-besaran warga Jerman Timur menuju wilayah Jerman Barat.

Pada awal tahun 1990 muncul ide penyatuan Jerman. Ide itu muncul pada pertemuan di Ottawa Kanada, yang sering disebut “pertemuan dua plus empat. Pertemuan dihadiri oleh keempat menteri luar negeri dari Negara pemenang Perang Dunia II (Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris dan Perancis) dan kedua menteri dari Jerman Barat dan Jerman Timur. Setelah membahas dan bertemu beberapa kali, akhirnya pada pertemuan dua plus empat di Moscow Uni Soviet tanggal 12 September 1990 disepakati penandatanganan rumusan penyatuan Jerman. Penyatuan Jerman terwujud pada tanggal 2 Oktober1990. Sebagai Kanselir pertama adalah Helmut Kohl.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *