Soal OSN IPS sejarah 2015

9. Urutan benda  peninggalan  jarnan  Praaksara  yang benar  sesuai dengan  urutan waktu tertua  menuju  ke  waktu  termuda adalah  …

A.  kapak perimbas-kapak lonjong-sarkofagus-nekara.

B.  kapak lonjong-kapak genggam-moko-dolmen

C.  kapak bahu-kubur  batu-kapak  perimbas-lingga dan yoni.

D.  kapak genggam-kapak  bahu-kapak  perimbas-kapak lonjong.

(Materi bisa di baca DI SINI)

10. Masyarakat Praaksara dengan pola mata  pencaharian Perundagian ditandai oleh karakter kehidupan sosial berikut ini:

A. Hidup berkelompok secara berpindah-pindah (nomaden) di padang  rumput.

B. pembagian kerja tidak membedakan posisi seseorang dalam kelompoknya

C. Perkampungan dengan pola teratur dibawah pemimpin yang karismatik

D. meleburnya kelompok-kelompok masyarakat yang majemuk menjadi homogen

(Materi bisa di baca DI SINI)

11. Kegiatan membersihkan bangunan masjid kuno yang memiliki nilai sejarah di sekitar tempat tinggal merupakan cerminan  sikap….

A.  mandiri.

B.  menghargai  pahlawan.

C.  bertanggung jawab.

D.  disiplin.

12. Salah satu bukti adanya akulturasi antara budaya Indonesia dengan India sejak abad  ke-4  Masehi  adalah…

A.peninggalan Yupa di Tarumanagara yang memuat nama kudungga

B. menara masjid Banten berbentuk meru yang menjulang

C. menara masjid  Kudus  yang  bercorak Hindu.

D. dasar konstruksi  punden  berundak candi Borobudur

(Materi bisa di baca DI SINI)

13. Pola teknologi kapak genggam dibawa ke Indonesia oleh gelombang migrasi nenek moyang yang disebut …

A. Vedda.

B. Rig Vedda.

C. Proto-Melayu.

D. Deutero-Melayu.

14. Berikut ini adalah suku-suku bangsa Indonesia yang berasal dari gelombang imigrasi  Proto-Melayu:

A. Dayak,  Nias,  dan  Toraja.

B. Sasak,  Bali,  dan  Madura.

C. Jawa,  Papua,  dan  Kubu.

D. Madura,  Jawa  dan Bali.

(Materi bisa di baca DI SINI)

15. Kerukunan bangsa adalah aspek yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena  berdasarkan penelitian para ahli terhadap suku-suku  bangsa di Indonesia yang memiliki perbedaan karakter lokal seperti bahasa dan dan dialek daerah, ternyata ditemukan bahwa keanekaragaman tersebut berasal dari  rumpun  bahasa  yang  sama  yaitu….

A.  Austro-Asia  sublinguistik  Melayu-Polinesia

B.  Austronesia  sublinguistik  Melayu-Polinesia.

C.  Melayu-Polinesia  sublinguistik  Austronesia.

D.  Melayu  -Austronesia  sublinguistik  Sumatra-Polinesia

16. Setelah masa interglasial, ras Vedda di Indonesia hidup terisolasi di pedalaman terutama sebagian besar  berada di ….

A.  Papua  Barat,  Flores  Barat,  dan  Jawa  Barat.

B.  Sumatra  Barat,  Timor  Barat,  dan  Flores Barat

C.  Papua  Barat,  Flores  Barat,  dan  Sulawesi  Selatan

D.  Flores  Barat,  Maluku  Barat,  dan  Seram  Barat

17. Jalur  migrasi  orang-orang  Proto-Melayu ke wilayah Nusantara melalui jalur barat yang  terjadi  sekitar  tahun  11000 – 2000 SM, antara lain melewati wilayah berikut ini:

A.  Semenanjung Malaysia dan Kalimantan.

B.  Jepang dan Papua.

C,  Thailand dan Sulawesi.

D.  Indochina dan Sumatra.

18. Jalur  migrasi  orang-orang Deutero-Melayu  sebelum masuk ke wilayah Nusantara melalui  jalur  barat  sekitar  tahun  300  –  200  SM,  melalui negara berikut ini:

A.  Teluk  Tonkin  di Vietnam.

B.  Assam  di Thailand  Utara.

C.  Oc  Eo  di  Kamboja.

D.  Borocay  di Filipina.

(Materi bisa di baca DI SINI)

19. Masyarakat  di  perkotaan  umumnya  memiliki sifat individualis, sedangkan masyarakat di perdesaan masih memiliki sifat kekeluargaan dan gotong royong. Hal tersebut menunjukkan  pengaruh….

A.  wilayah  terhadap  aspek  psikologis  masyarakat

B.  wilayah  terhadap  pola  interaksi  sosial  masyarakat

C.  modernisasi  terhadap  aspek  psikologis  masyarakat

D.  pendidikan  terhadap  aspek  sosial  masyarakat.

20. Nasionalisme keindonesiaan  pada  masa  pergerakan nasional dipicu oleh….

A.  munculnya elite  terdidik.

B.  menguatnya peranan partai  politik.

C.  bertambahnya jumlah pengusaha  pribumi

D.  munculnya  serikat-serikat  buruh.

(Materi bisa di baca DI SINI)

21. Di antara tokoh-tokoh pergerakan nasional berikut yang tidak berlatar belakang pendidikan di negeri  Belanda  adalah  …

A.  Soekarno.

B.  Moh.  Hatta.

C.  Sutan  Sjahrir.

D.  Tan  Malaka..

(Materi bisa di baca DI SINI)

22. Organisasi  pergerakan  nasional  yang  berdiri pada tahun 1908 yang bertujuan memajukan budaya daerah  dan sekaligus memajukan pendidikan dan anggotanya dari orang  Jawa  yaitu….

A.  Boedi  Oetomo.

B.  Trikoro Dharmo.

C.  Sarekat  Islam.

D.  Indische  Partij

(Materi bisa di baca DI SINI)

23. Latar belakang pendirian organisasi Sarekat Dagang Islam  (SDI)  adalah….

A. dominasi orang Cina terhadap penduduk pribumi dari pengaruh Tiongkok

B. adanya persaingan dagang yang tidak sehat Cina di Pulau  Jawa.

C.adanya pengaruh budaya asing yang masuk ke budaya lokal  secara damai,

D.ingin memajukan organisasi pergerakan Islam menjelang kemerdekaan

(Materi bisa di baca DI SINI)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *