Kapak Lonjong dan Kapak Persegi

Menurut ilmu arkeologi, masyarakat Indonesia pada masa praaksara sudah mengenal kapak Lonjong dan Kapak Persegi pada masa… .

A. Arkaekum

B. Paleozoikum

C. Neozoikum

D. Neolitikum

E. Mesolitikum

Pembahasan:

Pada tahap awal kita harus mengetahui apa itu ilmu arkeologi?

Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan mansia pada masa lalu berdasarkan benda atau peninggalan manusia.

Terdapat pembabakan masa pra aksara

Berdasarkan geologi (klik DISINI)

Berdasarkan arkeologi (klik DISINI)

Berdasarkan corak kehidupan (klik DISINI)

Nah pada soal ini yang dibahas adalah berdasarkan arkeologi. Dari opsi soal kita bisa menghilangkan opsi (A), (B) dan (C). Kenapa kok tidak mungkin jawabannya opsi tersebut? Hal ini dikarenakan untuk opsi (A), (B), dan (C) merupakan pembabakan masa pra aksara berdasarkan geologi.

Terus selanjutnya benda yang ditinggalkan adalah Kapak Persegi dan Kepak Lonjong

kapak lonjong

kapak lonjong

kapak persegi

kapak persegi

Berdasarkan gambar di atas, nampak dengan jelas bahwa kedua alat tersebut sudah diasah halus. Peralatan yang sudah diasah halus kedua bagian sisinya merupakan salah satu ciri utama dari Zaman Neolitikum. Kapak Lonjong dan Kapak Persegi digunakan oleh manusia untuk alat pertanian.

Kapak persegi masuk ke Indonesia melalui jalur barat dan daerah penyebarannya di Indonesia adalah Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Kapak persegi sebetulnya berasal dari daratan Asia. Di Indonesia banyak ditemukan pabrik atau tempat pembuatan kapak tersebut yaitu di Lahat Sumatra Selatan, Bogor, Sukabumi, Karawang, Tasikmalaya, Pacitan serta lereng selatan Gunung Ijen Jawa Timur.

Pada waktu yang hampir bersamaan dengan penyebaran kapak persegi, di Indonesia Timur juga tersebar kapak lonjong. ukuran yang dimiliki kapak lonjong yang besar lazim disebut dengan Walzenbeil dan yang kecil disebut dengan Kleinbeil, sedangkan fungsi kapak lonjong sama dengan kapak persegi. Daerah penyebaran kapak lonjong adalah Minahasa, Gerong, Seram, Leti, Tanimbar, dan Irian.

*********

Kunci Jawaban: Menurut ilmu arkeologi, masyarakat Indonesia pada masa praaksara sudah mengenal kapak Lonjong dan Kapak Persegi pada masa… . D. Neolitikum

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *