Peristiwa Penting Demokrasi Terpimpin

Berikut peristiwa penting yang terjadi pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966), kecuali… .

A. G 30 S/PKI

B. Pembubaran DPR

C. masuknya Indonesia ke dalam keanggotaan PBB

D. penetapan presiden Soekarno sebagai presiden seumur hidup

Pembahasan:

Pada soal sudah dijelaskan mengenai rentan waktu dari Demokrasi Terpimpin yakni dari tahun 1959 sampai 1966.

Soal  ini mudah untuk dikerjakan apabila kita tahu tahun dari peristiwa pada opsi jawaban. Mari kita ulas satu persatu:

G 30 S/PKI, peristiwa ini terjadi pada tanggal 30 September 1965. Berarti masuk dalam peristiwa penting dalam Demokrasi Terpimpin. Peristiwa G30S/PKI ini menjadi salah satu latarbelakang berakhirnya Demokrasi Terpimpin.

soekarnoPembubaran DPR. Ternyata dalam sejarah republic ini DPR hasil Pemilu 1955 pernah dibubarkan yakni pada tanggal  5 Maret 1960 berdasarkan Penetapan Presiden No 3 tahun 1960. Latarbelakang dari pembubaran adalah perselisihan antara pemerintah dengan DPR mengenai RAPBN tahun 1961. Sebagai gantinya presiden Soekarno kemudian membentuk DPR Gotong Royong atau sering disebut DPR-GR. Melihat tahunnya berarti peristiwa pembubaran DPR hasil pemilu terjadi pada masa Demokrasi Terpimpin.

Masuknya Indonesia menjadi anggota PBB terjadi pada tahun 1950 yakni pada tanggal 28 September 1950. Berarti Indonesia masuk menjadi anggota PBB pada masa Demokrasi Liberal yakni masa pemerintahan Kabinet Moh Natsir. Indonesia juga pernah keluar dari PBB yakni terhitung tanggal 7 Januari 1965 dikarenakan Malaysia dijadikan sebagai anggota Dewan Keamanan tidak tetap PBB. Peristiwa keluarnya Indonesia dari keanggotaan PBB terjadi pada masa Demokrasi Terpimpin. Kemudian akibat terjadinya perubahan politik, Indonesia kembali menjadi anggota PBB tanggal 28 September 1966.

Pengangkatan Presiden Soekarno sebagai Presiden seumur hidup terjadi pada sidang MPRS tahun 1963. Berarti peristiwa ini masuk dalam peristiwa penting pada masa Demokrasi Terpimpin.

*********

Kunci Jawaban: Berikut peristiwa penting yang terjadi pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966), kecuali… . C. masuknya Indonesia ke dalam keanggotaan PBB

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *