Penyebab Imperialisme

Imperialisme  berasal dari kata imperium yang artinya memerintah dan isme yang artinya paham. Imperialisme merupakan suatu sistem jajahan yang dibentuk dengan cara membentuk pemerintahan jajahan di wilayah yang dijajahnya. Imperialisme dibagi menjadi 2, yakni imperialism kuno dan imperialisme modern. Pembeda antara imperialisme kuno dan modern adalah waktu berlangsungnya sehingga mempengaruhi motif imperialismenya.

Imperialisme kuno terjadi sebelum terjadi Revolusi Industri, sedangkan Imperialisme Modern terjadi pasca adanya Revolusi Industri. Sebelum terjadi Revolusi Industri, imperialisme memiliki tujuan 3 G yakni Gold (kekayaan), Glory (kejayaan) dan Gospel (menyebarkan agama). Sedangkan imperialisme modern terjadi setelah Revolusi Industri sehingga motif penjajahannya adalah bermotif ekonomi. Negara jajahan dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan bahan baku industri, tempat memasarkan industri dan juga sebagai tempat untuk menanamkan modal. Negara pelopor dari Imperialisme Modern adalah Inggris.

Secara garis besar, penyebab suatu negara melakukan imperialisme antara lain:

  1. Keinginan untuk menjadi jaya, menjadi bangsa yang terbesar di seluruh dunia (ambition, eerzucht). Salah satunya adalah memiliki daerah yang luas.
  2. Perasaan sesuatu bangsa, bahwa bangsa itu adalah bangsa istimewa di dunia ini (racial superiority). Tiap bangsa mempunyai harga diri. Jika harga diri ini menebal, mudah menjadi kecongkakan untuk kemudian menimbulakan anggapan, bahwa merekalah bangsa teristimewa di dunia ini, dan berhak menguasai, atau mengatur atau memimpin bangsa-bangsa lainnya.
  3. Hasrat untuk menyebarkan agama atau ideologi dapat menimbulkan imperialisme. Tujuannya bukan imperialisme, tetapi agama atau ideologi. Imperialisme di sini dapat timbul sebagai “bij-product”saja. Tetapi jika penyebaran agama itu didukung oleh pemerintah negara, maka sering tujuan pertama terdesak dan merosot menjadi alasan untuk membenarkan tindakan imperialisme.
  4. Letak suatu negara yang diangap geografis tidak menguntungkan. Perbatasan suatu negara mempunyai arti yang sangat penting bagi politik negara.
  5. Sebab-sebab ekonomi. Sebab-sebab ekonomi inilah yang merupakan sebab yang terpenting dari timbulnya imperialism yakni Keinginan untuk mendapatkan kekayaan dari suatu negara,Ingin ikut dalam perdagangan dunia, Ingin menguasai perdagangan, Keinginan untuk menjamin suburnya industri

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *